Kamis, 16 Juni 2016

Deskripsi Diri Sendiri

Assalamu 'alaikum 
Untuk mengawali perkenalan personal, saya akan memberitahu satu hal bahwa semua pengenalan dan deskripsi tentang diri saya adalah benar-benar apa adanya. Dimulai dari nama, nama saya ALSA VIKA ZUYINA. Bisa dipanggil cukup ALSA saja. Kata teman bentuk tubuh saya tidak begitu gendut, tapi menurut saya pribadi ya begitulah namanya manusia tidak ada yang lebih dari puas. Untuk cara penampilan saya itu semua saya usahakan untuk terlihat elegan dan tidak “urakan”. Boleh kalian katakan kalau saya memiliki sifat perfectionist. Bagaimana tidak, saya lebih dikenal orang lain dan teman-teman sebagai seseorang yang lebih memiliki rasa sopan dan tipe orang yang berusaha menjaga etikat baik. Untuk deskripsi fisik, masalah tinggi badan hanya 161 cm saja diimbangi berat badan yang cukup dikatakan gemuk yaitu 55 kg.
            Hobby? Tentunya mendengarkan music. Untuk hobby yang lain, biasanya saya lakukan disaat saya memiliki “good mood” seperti bermain gitar meskipun baru belajar dari kelas 1 SMA, kemudian memasak, dan terkadang mencari suasana di luar rumah yaitu “hunting” atau “taking photos”. Jujur, saya itu termasuk orang yang sangat membenci orang yang tidak menghargai orang lain dan boleh dikatakan “cuek”. Saya juga termasuk orang yang keras kepala bahkan sangat keras kepala, tetapi jika disaat marah saja makanya sering diikutkan lomba debate karena memang dari sifat pribadi bisa mendukung. Disisi lain, tidak setiap waktu saya seperti itu, saya lebih jarang marah dan lebih banyak menghabiskan waktu saya untuk sharing, mengobrol, bergurau, bahkan melakukan kesibukan diluar posisi sebagai mahasiswa.
            Alsa, sekarang sudah umur berapa? Kalau ditanya masalah umur, saya masih berumur 18 tahun. Lahir di Ponorogo tanggal 11 September 1997. Menurut zodiac virgo, saya orangnya kalem. Iya, benar. Namun terkadang saya lebih dikenal sebagai seseorang yang analitis, berkomitmen tinggi, mampu memecahkan masalah dan pendengar yang baik, juga mampu mengamati kemampuan untuk mengamati kekurangan yang ada, serta masih dibilang orang yang sangat ceroboh. Beberapa orang juga mengatakan kalau saya memiliki kemampuan INDIGO. Saya tidak tahu lebih tepatnya disebut apa, tapi yang saya rasakan seperti dan saya lebih baik dikatakan anak normal saja daripada dikatakan seperti itu.
            Selama hampir 18 tahun ini saya telah mengenyam pendidikan mulai dari playgroup AL-AMANAH, TK BA AISIYAH MURIA, SD MUHAMMADIYAH PONOROGO, SMP NEGERI 2 PONOROGO, SMA NEGERI 2 PONOROGO, dan saat ini sedang melanjutkan study di UNIVERSITAS NEGERI MALANG jurusan Pendidikan Biologi.
            Prestasi yang pernah saya raih sejak dari SD adalah mayoritas dalam perlombaan kepramukaan beregu maupun personal. Saya sering meraih juara 1 lomba beregu dan juara umum. Pernah sekali saya meraih juara 1 lomba pidato keagamaan tingkat kabupaten. Meraih juara 2 lomba FLS2N story telling tingkat kabupaten dan melanjutkan ke tingkat provinsi. Mewakili sekolah dalam ajang anak berprestasi se-provinsi Jawa Timur yang bertempat di hotel Setia Budi Madiun dan mungkin masih ada beberapa lagi yang belum saya sebutkan.
            Minat dan bakat yang saya miliki sebenarnya di bidang Bahasa Inggris dan Theater. Namun seiring perkembangan, saya lebih berminat pada bidang music, bahkan lebih suka mendalami wawasan tentang psikologi.
            Kemudian untuk tokoh yang paling saya gemari adalah Mamah saya. Bagaimana tidak, sejak tanggal 26 Januari 2009 ayah saya sudah ditempatkan di sisi Nya dengan tenang. Penyakit Jantung dan komplikasi paru-paru yang membuatnya dapat bertahan hidup selama 8 bulan saja. Maka dari itu, mamah-lah yang sampai saat ini menjadi tulang punggung keluarga menghidupi saya dan adik kandung perempuan saya. Tapi, Allah SWT memang Maha Adil, pada tahun 2011 mamah diperbolehkan menikah lagi dengan seorang duda oleh kakek dan nenek supaya beban yang ditanggung mamah untuk mengurus saya dan adik saya sedikit ringan.
            Itulah sedikit deskripsi tentang diri saya. Semoga dengan tulisan ini saya berharap agar kita semua khususnya saya dapat mengenali dan memahami diri kita sepenuhnya agar mampu jujur pada diri kita sendiri dan mengakui apa kekurangan dan kelebihan diri sendiri karena seseorang yang berhasil adalah seseorang yang mampu memahami, mengenali, dan mengendalikan dirinya sendiri. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.




1 komentar: