Kamis, 16 Juni 2016

Kemajuan Teknologi


   PERKEMBANGAN HARDWARE KOMPUTER 

  Hardware (perangkat keras) yaitu peralatan yang dapat dilihat dan disentuh dengan tangan kita. Hardware terdiri atas Input Device (Perangkat Masukkan), Output Device (Perangkata Keluaran), Processor (Perangkat Pengolah Data). Masing-masing perangkat punya fungsi sendiri-sendiri, Input Device berfungsi untuk memasukkan suatu data ke dalam komputer, Output Device untuk menghasilkan data yang dikeluarkan berupa gambar atau print (cetakan), sedangkan Processor untuk mengolah suatu data yang berupa CPU(Central Processing Unit).


Perkembangan hardware komputer semakin tahun semakin cepat dari hardware yang sederhana sampai yang kompleks. Mulai dari perangkat yang sangat besar sampai memakai suatu ruangan besar untuk memakainya dan kecil yang kita kenal saat ini. Perkembangan hardware komputer itu sendiri adalah sebuah evolusi dari berbagai alat pengolah data. Komputer sendiri pertama kali dikenalkan oleh Charles Babbage, komputer pertama dibuat hanya untuk operasi matematika dan sesuai perkembangannya digunakan untuk pengolahan data.

Awal mula komputer dikenalkan dengan bentuk yang sangat besar sehingga memakai ruangan yang cukup besar. Kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi komputer dalam beberapa generasi. Mulai dari generasi pertama dengan hardware yang ukurannya besar samapi generasi keempat yang dikenal sekarang ini. Untuk generasi yang akan datang, banyak komputer yang akan menggunakan sensor-sensor untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Komputer yang akan datang akan dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dan komputer seakan-akan manusia berada dalam komputer itu sendiri.


MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Saat ini perkembangan teknologi saat ini berkembag sangat pesat. Banyak sekali aktivitas manusia yang saat ini menggunakan perangkat dari hasil teknologi informasi. Banyak sekali manfaat teknologi informasi bagi manusia dalam mempermudah pekerjaannya. Contohnya internet yang saat ini berkembang sangat pesat, mulai anak-anak sampai orang dewasa bahkan kakek dan nenek pun juga menggunakan internet untuk memperoleh informasi atau bersosialisasi.

Pesatnya perkembangan internet memberikan banyak kemudahan bagi manusia dalam bidang informasi dan telekomunikasi. Diantaranya kemudahan dalam proses penyebaran informasi dan pertukaran informasi yang semakin mudah dan cepat serta tanpa batas ruang dan waktu. Banyak sekali mafaat dari teknologi informati ini.


Perkembangannya yang pesat dan cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakan nya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari teknologi informasi antara lai dalam perusahaan, dalam dunia bisnis, perbankan, pendidikan, dan kesehatan. Dalam kehidupan kemasyarakatan sat ini juga tidak kalah, seperti halnya media jejaring sosial yang sangat marak digunakan untuk sekedar menukar informasi dan bersosialisasi antar pengguna media jejaring sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar