Kamis, 16 Juni 2016

Sate Ayam Ponorogo

            Membahas mengenai makanan khas dari daerah masing-masing memang terkadang membingungkan karena belum tentu setiap daerah memiliki satu makanan khas saja. Contohnya daerah saya, PONOROGO. Ya, Ponorogo memang terkenal dengan sate ayam nya, bahkan masih banyak. Tetapi, disini saya akan membahas mengenai sate ayam Ponorogo.
            Bukan sekadar promosi, tapi saya juga akan berbagi pengetahuan kepada teman-teman. Di Ponorogo, sate ayam yang paling terkenal adalah SATE AYAM PAK TUKRI. Meskipun satu tusuk harganya 2000 rupiah, namun masih banyak orang yang membeli dengan ratusan tusuk. Memang satu tusuk sate, dagingnya terbilang cukup tebal dan empuk dibandingkan dengan sate ayam dari produksi lain.
            Pak Susilo Bambang Yudhoyono, Pak Jokowi dan para menteri Negara, hingga artis ibu kota yaitu Republik Cinta Management seperti Ahmad Dhani dan Mulan Jameela sempat berkunjung dan mencicipi SATE AYAM PAK TUKRI ini. Namun, masyarakat Ponorogo sendiri mayoritas lebih memilih SATE AYAM SETONO karena harganya terjangkau dan dagingnya pada satu tusuk sate juga lumayan memuaskan, apalagi satu porsi sate di hidangkan dengan satu bungkus lontong. Ditambah dengan lumuran sambal kacang dan kecap yang menggoda lidah teman-teman.
            Terkadang rasa sambal kacang yang di hidangkan penjual sate memang tidak begitu pedas bagi saya sendiri yang suka pedas. Karena alasan para pedagang sate adalah memang sate ayam Ponorogo lebih menekankan pada rasi manis dan gurihnya, bukan rasa pedasnya.
Daging ayamnya sendiri sangat empuk dan bumbunya meresap. Sate Ponorogo berbeda daripada SATE MADURA yang populer. Perbedaannya adalah pada cara memotong dagingnya. Dagingnya tidak dipotong menyerupai dadu seperti sate ayam pada umumnya, melainkan disayat tipis panjang menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Sate daging ayam dapat disajikan bersama dengan sate usus, kulit, dan telur ayam muda.
            Cara pembuatan sate ayam Ponorogo memang cukup gampang seperti cara membuat sate pada umumnya. Namun, sate ayam Ponorogo lebih berbeda cita rasanya. Pingin tahu apa bedanya? Ke Ponorogo aja, buktikan sendiri. Hehe. Pembuatan sate Ponorogo yang pertama melalui proses perendaman bumbu (di"bacem") agar bumbu meresap ke dalam daging. Sate daging, usus, dan kulit dibumbui dengan bumbu kecap dan minyak sayur. Setelah bumbunya merata, sate dipanggang di atas pemanggang sate selama kurang lebih 3-5 menit. Alat pemanggang sate Ponorogo terbuat dari tungku (panggangan) yang terbuat dari tanah liat. Panggangan ini memiliki lubang di satu sisi untuk mengipas bara arang didalamnya. Setelah berwarna kecoklatan, semua sate diletakkan di atas piring untuk dibumbui lagi dengan Bumbu Spesial. Setelah matang, sate dilumuri dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus.
            Sekarang, sate ayam Ponorogo memiliki terobosan baru yaitu bisa dipesan online jadi teman-teman tidak perlu berkunjung langsung di Ponorogo. Kamu bisa mengkonsumsi sate dengan cukup melakukan pemesanan via online. Kehigienisan sate terjamin karena terbungkus oleh kemasan vacum yang beraluminium foil.
            Oh iya, bicara mengenai harga, saya mulai dari harga SATE AYAM PAK TUKRI. Jika kalian ingin membeli SATE AYAM PAK TUKRI cukup siapkan uang 25 ribu karena satu porsi ada 10 tusuk sate ditambah satu bungkus lontong yang sudah dipotong. Kemudian, jika teman-teman ingin mencoba SATE AYAM SETONO cukup siapkan 15 ribu saja. Dan yang terakhir untuk SATE AYAM ONLINE, minimal hanya bisa membeli 40 tusuk dengan harga 100 ribu rupiah saja, tetapi tidak dengan lontong. Ingat ya, beda harga juga beda kualitas. Namun, bukan berarti dengan harga murah memiliki kualitas yang tidak baik. Bukan. Tapi itu semua tergantung, bahan-bahan yang ditambahkan para pedagang yang kemungkinan sedikit banyak dan menghabiskan modal yang tinggi. Disisi lain juga mungkin karena penjualan mereka sudah memiliki nama di kalangan masyarakat luar Ponorogo. Namun, kalau boleh jujur, saya lebih sering membeli SATE AYAM SETONO karena cara membakarnya lebih empuk dan sambal kacang nya cocok di lidah saya.
            Segitu saja informasi mengenai makanan khas dari daerah Ponorogo. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua yang ingin mencoba bagaimana cita rasa sate ayam Ponorogo.


1 komentar:

  1. Bagaimana cara pembuatan sate ayam Ponorogo, khususnya dalam proses perendaman bumbu dan penggunaan alat pemanggang tanah liat? Regard Telkom University

    BalasHapus